10/13/2011

Sedekah 2,5% dari Penghasilan | Hukun Sedekah

Posted by albaniaallaitsy 12:51 AM, under | 14 comments

Sedekah ? Sedekah sebernya di ambil dari bahasa arab shadaqoh yang artinya memberikan. hal ini sebernya tidak di wajibkan. jadi hukumnya sunah ! bila dilaksanakan mendapat pahala, dan jika tidak juga tidak apa-apa atau tidak mengakibatkan dosa. biasanya mereka bersedekah karena untuk mendapatkan ridho dari Allah. Tapi sebelum ke orang lain yang membutuhkan juga. utamakan dahulu sanak sodara atau kerabat dekat. nah jauh lebih baik sedekah di berikan kepada orang yang sangat membutuhkan uluran tangan kita.
nah untuk cara perhitungannya sangat mudah. yang susah itu melakukan sedekahnya. kenapa ya? wallahu alam bissoab. misalnya saya mau sedekan hasil penghasilan selama sebulan. taruhlah Rp. 1 juta. niat sedekah sesuai dengan anjuran agama, sebesar 2,5% dari penghasilan. berarti (2,5% X Rp. 1 juta = Rp. 25.000 ). jadi hanya Rp. 25.000 dari penghasilan Rp. 1 juta. secara fisik penghasilan kita berkurang Rp.25.000 menjadi Rp. 9975.000. namun secara metafisik uang saya sebenarnya ( Rp. 975.000 + Rp. 250.000 ). Allah menjanjikan setiap sedekah minimal di kalikan 10. jadi jumlah semuanya adalah Rp. 1.225.000, semua itu sudah mencakupi kehidupan secara lahir dan batin.
Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Allah swt. akan menambah kemuliaan kepada hamba-Nya yang pemaaf. Dan bagi hamba yang tawadhu’ karena Allah swt., Allah swt. akan mengangkat (derajatnya). (Muslim; Misykât)Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Allah swt. akan menambah kemuliaan kepada hamba-Nya yang pemaaf. Dan bagi hamba yang tawadhu’ karena Allah swt., Allah swt. akan mengangkat (derajatnya). (Muslim; Misykât).
kesimpulannya, agama islam memperlakukan 3 jenis jakat manifestasi dari segala anjuran tersebut, yakni zakat harta, setahun sekali 2.5% dari semua jumlah harta, dan zakat penghasilan, perniagaan, perkebunan, dan lain-lain sebesar 2,5% per bulannya. Dan zakat fitrah 2,5 kg beras per jiwa setiap tahun. saya sangat sayin akan hal ini. bahwa Allah akan 10 kali lipat, bahkan 700 kali lipat. hal ini tercantum di dalam al-qur'an. 




14 komentar:

Sedekah itu 1/3 dari HARTA awal dapat bukan 2,5%

Yang di bahas itu orang menengah ke bawah breyyy,,paling tidak status karyawan jd punya penghasilan perbulan berapa? Lo so tau ajaaaa

Seikhlasnya dan tulus itu lebih baik

Kalu saya gk ada gaji gimn kl pedapatan saya shri"ny gimn carany

Kalu saya gk ada gaji gimn kl pedapatan saya shri"ny gimn carany

Saya ini kan buka olshop nah kan alhamdulillah sedikit2 dapet uang. Itu berarti hasil sebulan kita dikurangi 2.5% ?

makasih atas infonya sangat membantu, kunjungi http://bit.ly/2MiUpB1

makasih atas infonya, kunjungi http://bit.ly/2CPtuf1

biasa dalam.penghasilan sebulan dipotong pajak dri pemerintah jadilah nilai.uang bersih....apa ini langsung dapat dipotong 2.5 % dari.hasil.yg didapat

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar