9/27/2011

Rumput Payung | Cyperus Alternifolius

Posted by albaniaallaitsy 12:53 AM, under | No comments

Rumput payung atau dengan nama latin nya Cyperus Alternifolius. Ada beberapa  jenis tanaman air. beberapa di antaranya adalah lotus, teratai, dan tanaman air. satu lagi tanaman air yang sering juga di cari oleh pecinta tanaman adalah rumput payung.
Tanaman yang sering di sebut payung lembang atau payung raja ini di kenal dari cairi fisiknya yang khas. Sama hal nya seperti keluarga  Cyperus lainnya. bentuk fisiknya memang menyerupai payung, berbatang lurus dengan daun yang bulat melebar di bagian atasnya. bagian pinggir daunnya menyerupai kulit bambu yang tajam keras. meski demikian. penampilan keseluruhannya masih tetap menawan. 
kelebihan rumput payung ini adalah bisa di tanam di dua tempat, di darat maupun di air. dengan begitu, tanaman ini sering di sebut "tanaman semi basah". biasanya tanaman ini tumbuh di tepi-tepi danau, dan tumbuh hingga mencapai 2 meter lebih. Tapi sekarang ia sering di cari sebagai tanaman hias, penghis rumah.
Untuk memperbanyak tanaman ini. bisa di lakukan dengan cara split. caraya rumpun tanaman  di ambil dari tanah, lalu di belah hingga ke akar menjadi 2-4 bagian. kemudaian di tanam kembali menjadi tanaman baru. untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus media taman lebih baik memakai lumpur sawah, karena lumpur sudah mencukupi kebutuhan tumbuhan air dan mineral lainnya. tapi akan jauh lebih baik bila kita tetap memberinya pupuk. baik pupuk kandang ataupun pupuk lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar