Sebelum saya menguraikan pengertian “Hakikat
Belajar
Siswa di Perkuliahan”.
Terlebih
dahulu di berikan Pengertian “Hakikat”, dan “pembelajaran siswa”.
Hakikat adalah suatu kebenaran atau
sesuatu yang sebenar-benarnya dan bisa juga di artikan sebagai asal segala
sesuatu. Dengan kata lain, inti dari segala sesuatu atau yang menjadi jiwa
sesuatu.
Belajar bukan menghafal dan bukan
pula mengingat. Belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya
perubahan pada diri seseorang. Perubahan sebagai hasil belajar dapat
ditunjukkan dalam berbagai bentuk, seperti berubah pengetahuannya,
pemahamannya, sikap dan tingkah lakunya, daya reaksinya, daya penerimaannya.
Oleh sebab itu belajar adalah proses yang aktif, belajar adalah proses mereaksi
terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu. Belajar adalah proses yang
diarahkan kepada tujuan, proses berbuat melalui berbagai pengalaman. Belajar
adalah proses melihat, mengamati, memahami sesuatu. Jadi apabila kita berbicara
tentang belajar, maka kita berbicara bagaimana mengubah tingkah laku seseorang.
Inilah hakikat belajar sebagai inti . Dengan kata lain bahwa dalam proses
pengajaran atau interaksi belajar mengajar yang menjadi persoalan utama ialah
adanya proses belajar pada siswa yakni proses berubahnya tingkah laku siswa
melalui berbagai pengalaman yang diperolehnya.
Adapun
pengertian belajar menurut para ahli :
Menurut James O. Whittaker (Djamarah,
Syaiful Bahri , Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999) Belajar adalah Proses
dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman.
Howard L. Kingskey (Djamarah, Syaiful
Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999) Belajar adalah proses dimana
tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan.
Drs. Slameto (Djamarah, Syaiful Bahri,
Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999) Belajar adalah suatu proses usaha yang
dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru
secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri di dalam
interaksi dengan lingkungannya.
Herbart (swiss) Belajar adalah suatu
proses pengisian jiwa dengan pengetahuan dan pengalamn yang sebanyak-banyaknya
dengan melalui sebuah proses yang panjang.
Crow
& Crow mendefinisikan belajar sebagai cara memperoleh kebiasaan-kebiasaan,
pengetahuan, dan sikap (the accuisition of habi,s, knowledge, and attitudes). Hal
tersebut meliputi cara-cara baru untuk melakukan suatu usaha penyesuaian diri
terhadap situasi baru. Belajar menunjukkan adanya perubahan tingkah laku yang progresif,
dan memberi kemungkinan untuk memuaskan kebutuhan dalam mencapai tujuan.
Dalam pembicaraan sehari-hari dapat diartikanasebagai suatu usaha untuk menguasai dan memiliki sesuatu, misalnya seseorang yang dikatakan belajar tentang huruf-huruf Arab, ini berarti yang bersangkutan sedang berusaha menguasai dan memiliki bacaan huruf Arab agar dapat lancar dan fasih dalam membacanya.
Ciri-ciri belajar dalam pengertian belajar :
Adanya perubahan yang disadari, bersifat kontinyu, dan fungsional.
Adanya Perubahan dalam belajar yang bersifat positi, dan aktif. Bukan bersifat temporer.
Adanya hasil belajar yang ditandai dengan perubahan seluruh aspek tingkah laku.
Dalam pembicaraan sehari-hari dapat diartikanasebagai suatu usaha untuk menguasai dan memiliki sesuatu, misalnya seseorang yang dikatakan belajar tentang huruf-huruf Arab, ini berarti yang bersangkutan sedang berusaha menguasai dan memiliki bacaan huruf Arab agar dapat lancar dan fasih dalam membacanya.
Ciri-ciri belajar dalam pengertian belajar :
Adanya perubahan yang disadari, bersifat kontinyu, dan fungsional.
Adanya Perubahan dalam belajar yang bersifat positi, dan aktif. Bukan bersifat temporer.
Adanya hasil belajar yang ditandai dengan perubahan seluruh aspek tingkah laku.
Proses
belajar terjadi karena ada dorongan dan tujuan yang akan dicapai. Dan menghasilkan sebuah pengalaman.
Faktor internal :
Faktor internal merupakan motivasi ideal.lai yang membantu seseorang dalam belajar. Hal ini menyankut seluruh aspek yang menyangkut, fisik-jasmani, maupun fisik-mental.
Faktor eksternal :
Faktor eksternal terdiri dari 2 bagian. Faktor lingkungan sosial, dan faktor lingkungan non sosial.
0 komentar:
Posting Komentar